12 Tahun Polsa Mitra Penyelenggara LKS SMK

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo kembali dipercaya sebagai mitra dalam penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Kabupaten Purworejo. Selama 12 tahun terakhir, akademisi kampus tersebut menjadi juri dan pembuat soal untuk LKS bidang akuntansi dan teknik komputer jaringan (TKJ).

Ketua Badan Penjaminan Mutu Internal Polsa Supriono SE MSi Ak mengatakan, panitia LKS SMK pemkab menggandeng Polsa sejak tahun 2007. "Polsa diajak menjadi bagian dari LKS SMK, tentu ini peluang bagi kampus dalam upaya ikut meningkatkan kualitas pendidikan khususnya akuntansi dan komputer di Purworejo," tuturnya kepada KRJOGJA.com, Kamis (13/09/2018).

Tim Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Purworejo selaku penyelenggara, memberi kepercayaan terhadap akademisi Polsa untuk membuat soal dan menjadi juri. "Kami dipercaya menyusun soal bidang akuntansi secara mandiri," katanya.

Sementara untuk bidang TKJ, akademisi Polsa bekerjasama dengan tim dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Menurutnya, dilibatkannya Polsa adalah bentuk pengakuan publik atas eksistensi kampus. Bahkan Program Studi Akuntasi Polsa telah memperoleh akreditasi B.

Terpisah, Dosen Akuntansi Polsa Agus Dwiatmoko SE MM mengemukakan, sebanyak 13 perwakilan SMK negeri dan swasta ikut LKS akuntansi. "Titik berat penjurian bidang akuntansi ada pada teori, praktik manual dan komputer akuntansi, serta presentasi dalam bahasa Inggris," ungkapnya.

Untuk bidang akuntansi, Juara 1 diperoleh perwakilan SMKN 2 Purworejo, Juara 2 wakil SMKN 7 Purworejo dan Juara 3 SMK Sawunggalih Kutoarjo. Sementara bidang TKJ, Juara 1 SMK TKM, Juara 2 SMK TI Cendikia dan Juara 3 SMK Pancasila Satu Kutoarjo. (Jas)

BERITA REKOMENDASI