145 Terminal Tipe A Dialihkan ke Ditjen Perhubungan Darat

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tindak lanjut penyerahan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang dari Pemerintah Kota Magelang kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI dilaksanakan di Pendopo Pengabdian rumah dinas Walikota Magelang, Jumat (3/7/2020) sore. Di forum ini Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT menyerahkan dan diterima Dirjen Perhubungan Darat Drs Budi Setiyadi SH MSi.

Di forum yang juga dihadiri Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Risal Wasal, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) X Wilayah Jateng-DIY Prasetyo maupun lainnya ini Dirjen Perhubungan Darat diantaranya mengatakan total keseluruhan terminal Tipe A yang dialihkan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebanyak 145 terminal, meliputi Terminal Tipe A yang sudah serahterima operasional sebanyak 110, yang terdiri dari 89 sudah register, 13 proses peralihan aset ke Kementerian Keuangan dan 8 proses verifikasi aset.

Sedangkan terminal tipe A yang belum serahterima operasional sebanyak 35, yang terdiri dari 7 inventarisasi awal, 9 yang masuk kewenangan Badan Pengelola Transportasi Jakarta dan 19 tidak diserahkan pemerintah daerah.

“Atas dasar informasi di atas, perlu dilakukan percepatan penyelesaian tindak lanjut terhadap Hibah Barang Milik Daerah dari pemerintah daerah kepada Kementerian Perhubungan berupa terminal Tipe A yang masih perlu dilakukan penyelesaian berkesinambungan, salah satunya adalah Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang,” ujar Walikota Magelang.

Diharapkan dengan terselenggaranya proses peralihan ini dapat memberikan dukungan pembangunan dan rehabilitasi Terminal Tipe A lokasi Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) yang berkontribusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di masa yang akan datang.(Tha)

BERITA REKOMENDASI