155 Penerima Bantuan Rumah Tak Layak Huni Wajib Buka Rekening Bank

MAGELANG, KRJogja.com – Sebanyak 155 calon penerima bantuan Rumah Tidak layak Huni (RTLH) diwajibkan membuka rekening dan buku tabungan. Ini sesuai dengan petunjuk teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Kepala Bidang Perumahan dan Pertanahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Kota Magelang Kun Arsanti Dewi, Rabu (4/10/2017) mengatakan penyaluran bantuan RTLH melalui rekening ini dimaksudkan agar tidak salah sasaran. Untuk menghindari dana bantuan tersebut tidak sampai ke warga yang membutuhkan. 

"Kalau melalui rekening atas nama warga yang berhak menerima sudah secara otomatis bantuan tersebut sampai ke yang bersangkutan,” jelasnya sambil menambahkan nantinya setiap penerima bantuan RTLH akan menerima masing-masing Rp 10 juta, yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR.

Dana bantuan tersebut, lanjutnya, akan disalurkan secara bertahap sesuai kebutuhan dan keperuntukannya. Tahap pertama sebesar 50 persen dicairkan, namun tidak dalam bentuk tunai, tetapi langsung diwujudkan dalam bentuk material yang dibutuhkan oleh warga penerima RTLH.  Begitu pula tahap selanjutnya juga diwujudkan dalam bentuk material. (Tha)

BERITA REKOMENDASI