164 siswa Dikmapa Prajurit Karier Ikuti Pembekalan Gubernur Akmil

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 164 siswa Dikmapa Prajurit Karier (PK) TNI TA 2020/2021 Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes) mengikuti pengarahan pembekalan dari Gubernur Akademi Militer (Akmil) Magelang Mayjen TNI Totok Imam Santoso SIP SSos MTr (Han) di Gedung AH Nasution Akmil, Rabu (20/1/2021). Pembekalan yang diberikan Gubernur Akmil bertema ”Menjadi Perwira TNI yang Berintegritas, Profesional dan Akademis”. Hadir dalam pembekalan ini diantaranya Komandan Pusat Pendidikan Pertama (Pusdikma) Dikmapa PK TNI Brigjen TNI Herianto Syahputra SIP MSi, beberapa pejabat di lingkungan Akmil maupun lainnya.

Selain memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa, Gubernur Akmil dalam pembekalannya juga sempat menyampaikan kepada para siswa mengenai 3 kata kunci, yaitu mengucapkan terima kasih, meminta maaf dan meminta tolong. Dengan filosofi kata kunci ini akan menuju sukses dalam menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

Gubernur Akmil juga menyampaikan mengenai dampak keterbukaan global pada era globalisasi menimbulkan berbagai konsekuensi dan tantangan baru, diantaranya yaitu ”post truth” dan pergeseran paradigma yang mengancam (ancaman militer, non militer dan hybrid). Dalam era revolusi industri 4.0 pengaruh media sosial dan digitalisasi sangatlah kuat, sehingga peran manusia tergantikan oleh teknologi, maka tuntutan akan kualitas individu menjadi hal yang mutlak.

Gubernur Akmil juga menyampaikan pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman, bahwa tentara hanya mempunyai kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini, lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh”. Juga disampaikan pesan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, bahwa “Perwira adalah pemimpin, kalian akan diharapkan pada situasi penting dan harus mampu mengambil keputusan terbaik dalam kondisi apapun”.

BERITA REKOMENDASI