168 Pati TNI AD Ikuti WPW di Akmil

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 168 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) mengikuti Wisuda Purna Wira Perwira Tinggi TNI AD di Lapangan Pancasila Akademi Militer (Akmil) Magelang, Senin (11/11/2019). Kegiatan yang dipimpin Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa ini dilaksanakan pada HUT ke-62 Akmil Tahun 2019 ini.   

Dari 168 ini, ada 1 Perwira Tinggi berpangkat Jenderal, yaitu mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Tahun 2015-2018 Jenderal TNI (Purn) Mulyono. Selain itu, ada 13 orang yang berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI, 62 orang berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI dan 93 orang berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI. 

Yang berpangkat Letjen diantaranya Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad, Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, Letjen TNI (Purn) Agus Surya Bakti yang didampingi istrinya, Bella Saphira, maupun lainnya. Didampingi istri, KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan piagam kepada para wisudawan secara bergantian di tengah Lapangan Pancasila Akmil.

Kepada wartawan, Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto mengatakan ada beberapa kesan yang dialami selama aktif di dunia militer, seperti bahagia, senang dan penuh semangat serta harus selalu bekerja keras selama aktif agar menjadi keteladanan bagi para junior. Dengan bekerja keras dan terus dilandasi doa, karir akan melesat, tanpa ada yang dapat menghalangi.

KASAD diantaranya mengatakan pelaksanaan upacara tahun ini dilaksanakan pada suasana dan tempat yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun tidak mengurangi suasana sakral dan hikmat pada pelaksanaannya. Juga dikatakan ada 4 orang peserta yang tidak dapat hadir dikarenakan sakit, namun diwakili oleh keluarganya, baik isteri maupun putra-putrinya. Kehadiran keluarga wisudawan yang mewakili wisudawan yang tidak dapat hadir, tetap dianggap sah, karena warakawuri dan putra-putri wisudawan merupakan keluarga besar TNI AD. Dikatakan juga, sumbangsih baik pemikiran maupun tenaga dari para mantan Pati TNI tersebut masih dibutuhkan oleh bangsa dan negara.

Pada bagian lain Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan kehadiran para senior di Akmil setelah lebih dari 30 tahun mereka berdinas, merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Selain merupakan ajang untuk mempererat tali silaturahim, juga sebagai wahana  bernostalgia, yang dapat mengingatkan para wisudawan pada kenangan di masa menjadi Taruna.

"Disamping itu, acara yang telah dijadikan tradisi di lingkungan TNI AD ini, tersirat juga pesan yang sangat mendalam bagi kami sebagai generasi penerus TNI AD akan semangat pengabdian para wisudawan sebagai prajurit pejuang, yang tidak pernah pudar dihati sanubari dalam derap langkah pengabdian kepada tanah air, bangsa dan negara," katanya.(Tha)

BERITA REKOMENDASI