183 Cakades Segera Dilantik, Protes Masih Berlanjut

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 183 calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Purworejo hasil pemilihan serentak tahap pertama yang digelar akhir Oktober lalu dijadwalkan akan dilantik pada, Senin (11/12) besok. 

Namun protes terhadap hasil Pilkades di sejumlah desa di Purworejo masih terus berlanjut. Protes tidak hanya pada perilaku panitia yang dinilai kurang professional dan melakukan kecurangan, namun juga dugaan politik uang (money potitic) seperti yang terjadi di Desa Kalikotes Kecamatan Pituruh.

Pilkades di desa ini diikuti empat calon masing-masing Heri Sutoto yang mendapat dukungan 155 suara, menyusul Supriyanto 149 suara, Muhammad Yuwono 489 suara dan Sabar yang berhasil meraup 610 suara dan ditetapkan sebagai Cakades terpilih oleh panitia.

Namun kemenangan Sabar mendapat protes dari sebagian warga masyarakat karena diduga telah melakukan politik uang dengan membagi-bagikan uang kepada calon pemilih. “Karena adanya kecurangan ini maka kami menuntut agar Cakades terpilih jangan dilantik dulu,” kata Supriyanto koordinator lapangan (Korlap) saat mengadu di DPRD Purworejo, Jumat (8/11).

Menurutnya, politik uang dilakukan Cakades Sabar menjelang Pilkades, akibatnya yang bersangkutan berhasil meraup suara terbanyak. “Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan untuk tidak melakukan politik uang,” katanya.

Thoha Mahasin SAg dari Komisi A yang menerima mereka mengatakan bahwa money politik tidak menggugurkan hasil Pilkades. “Jika ada yang melakukan money politik seperti yang diatur dalam Perda, maka wajib dihentikan dan atau diberikan teguran secara tertulis,” jelasnya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI