2.300 Santri Terima Ijazah Sanad dari Syaikh Hisyam

 PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 2.300 santri Pondok Pesantren (PP) An-Nawawi Berjan Kabupaten Purworejo menerima ijazah dari Syaikh Dr Hisyam Kamil Hamid Musa Assyafi'i Al Azhari. 

Dosen Universitas Al Azhar Mesir ini memberikan ijazah sanad kitab dan hadits. 
Diantaranya  Hadits Awaliyah, Hadits Mahabbah, Kitab Arbain Nawawi, Kitab Aqidatul Awam, Matan Abu Syuja' serta Kitab Burdah Syarifah. Pemberian ijazah berlangsung di Masjid Shiddieq Zarkasyi kompleks pesantren setempat.

Menurut Syaikh Dr Hisyam, sanad merupakan bagian dari ilmu agama. Keilmuan itu secara langsung disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat dan diturunkan kepada generasi berikutnya hingga saat ini, termasuk kepada para santri An-Nawawi. 

“Ilmu ini merupakan kekhususan dalam agama Islam yang tidak ada pada agama lain, sehingga ilmu ini termasuk hal yang sangat pokok bagi umat Islam,” kata Syaikh Dr Hisyam, Minggu (25/09/2016). Syaikh Dr Hisyam berada di PP An-Nawawi selama dua hari.

Dikatakan pula, bahwa ilmu agama yang tidak ada sanad sampai kepada Nabi Muhammad, tidak memiliki barokah. “Maka saya sampaikan keilmuan ini, yang sebelumnya disampaikan guru saya hingga Nabi Muhammad SAW,” jelasnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI