2.633 Pemudik Sudah Masuk Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 2.633 pemudik sudah berada di kampung halaman mereka di Kabupaten Purworejo, hingga Rabu (12/5) pukul 08.00. Mereka dilaporkan secara berjenjang ke provinsi lewat input data satgas Jogo Tonggo desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo Agus Ari Setiyadi mengatakan, tim Jogo Tonggo berkoordinasi dengan desa untuk mendata setiap pemudik yang datang.
“Satgas di desa mendata pemudik yang datang, menginputnya lewat aplikasi Jogo Tonggo kabupaten,” katanya kepada KRJOGJA.com, Rabu siang.

Berdasarkan hasil input data, dari 494 satgas desa, baru 172 satgas di 16 kecamatan melaporkan pemudik yang tiba di desanya. Itu pun, kata Agus Ari, input data belum seratus persen.
Pola inputnya, lanjutnya, adalah data pemudik per-RW. “Data tadi pagi, baru 25 persen dari total 1.682 RW yang datanya masuk, jadi pasti akan terus bertambah,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SH SIK MSi menuturkan, pihak kepolisian juga mendata pemudik yang tiba di desa. “Bhabinkamtibmas kami melakukan pendataan di desa, hasilnya selalu dilaporkan secara berkala,” ucapnya.

Rizal mengingatkan pemudik untuk melaporkan diri ke satgas jogo tonggo setempat. “Laporkan diri dan cek kesehatan di fasilitas terdekat, lalu lakukan isolasi mandiri, protokol kesehatan ketat, dan patuhi anjuran satgas desa. Semua demi menjaga lingkungan agar jangan sampai terpapar Covid-19,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI