2 Kandang Ternak di Temanggung Terbakar, Kerugian Rp 13 M

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Api menghanguskan kandang ternak ayam di Dusun Wonoaji Desa Dangkel Parakan dan kandang sapi di Lingkungan Gender Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung, Senin (23/12) Kerugian dari dua kejadian itu mencapai Rp 13 miliar

 

Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti mengatakan kebakaran kandang sapi terjadi pada Senin (23/12) dini hari sekitar pukul 00.15 WIB di kandang sapi, kambing dan ayam di Lingkungan Gender milik kelompok tani, ”Sido Kelakon” yang diketuai Muyono (50).

Disampaikan kebakaran diketahui saat saksi Budi (55), Wandi (50) dan Muyono (50) sedang ronda malam. Mereka melihat api sudah membakar kandang sapi 'Sido Kelakon'. Mereka dan warga sekitar lantas melakukan usaha pemadaman serta mengevakuasi hewan ternak sapi, kambing dan ayam.

" Pemadaman dibantu dengan sejumlah mobil pemadam," katanya.
 
Dia mengatakan pemadaman terkendala material bangunan yang mudah terbakar. Kandang yang terbakar terbuat dari semi permanen dinding tembok dan kayu serta atap genting ukuran 65 x 10 meter yang terdiri dari 21 petak. " Ada 8 petak yang terbakar dari 21 petak yang ada, 8 petak itu dengan ukuran per petak  5 x 3 meter," katanya.

Dia mengatakan kebakaran itu telah membuat satu sapi, dua ekor kambing jantan jenis gembel dan 50 ekor ayam jawa mati. Sedangkan ternak yang luka bakar yakni dua ekor sapi, tiga kambing, selain bangunan yang rusak. Total kerugian mencapai Rp 64.000.000.

Sedangkan kebakaran kandang ayam potong juga terjadi di Dusun Wonoaji Desa Dangkel Parakan Temanggung terjadi pada Senin pagi pukul 06.30 WIB. Kebakaran ini melalap kandang ayam potong milik Siswanto (65) warga Dusun Ngodoringin Desa Ringinanom Parakan. Luas kandang kandang 1,3 hektar dengan pagar tembok atap galvalum .

" Kebakaran diduga disebabkan hubungan pendek arus listrik," katanya, sedang kerugian mencapai Rp 13 miliar, dengan ayam yang terbakar mencapai 160 ribu ekor, dan pakan ayam sebanyak 1.540 Sak. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI