2017, Ada 14 Jembatan Dibangun di Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com  – Selama tahun 2017 ini, terdapat 14 jembatan yang dibangun di wilayah Kabupaten Magelang. Dari 14 jembatan tersebut, 12 jembatan belum selesai pengerjaannya. Adapun titik pengerjaan jembatan tersebut, beradadi Kemacatan Kajoran 4 titik, Sawangan 2 titik, Mungkid 2 titik, Borobudur 1 titik, Ngluwar 1 titik, Ngablak 2 titik, dan Pakis 2 titik

“Pengerjaan jembatan tersebut membangun ulang jembatan untuk ditinggikan dan dilebarkan, agar lebih sesuai dengan kondisi lalulintas atau mobilitas warga saat ini. Anggaran yang digunakan bersumber dari pusat dan APBD, salah satu contih peningkatan jembatan srowol, anggaran dari pusat Kementerian PU digunakan untuk membangun bagian atas, sedangkan anggaran dari APBD dipergunakan untuk membangun pondasi bawah,” kata Kepala Pembangunan dan Peningkatan Jembatan, DPU dan ESDM Kabupetan Magelang, Heriyanto, Jumat (20/10/2017).

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Jembatan, DPU dan ESDM Kabupetan Magelang, Taufik A  Kurniawan, menambahkan, saat ini telah selesai 2 jembatan yang berada di Kecamatan Pakis. Adapun total anggaran yang digunakan dari DAK Kementerian PU sebesar 8 M Rupiah dan APBD 27 M Rupiah. “Sudah selesai 2 jembatan dari 14 jembatan yang saat ini masih dalam proses pengerjaan. Anggaran yang digunakan campuran dari pusat dan APBD, karena jembatan yang dibangun cukup banyak,” imbuhnya.

Adapun untuk anggaran perubahan APBD akhir tahun ini, kata Kurniawan, akan dibangun jembatan yang skalanya lebih kecil, karena anggaran terbatas Rp 200 juta dan waktu pembangunan yang lebih pendek. “Rencananya dari anggaran perubahan akan dibangun 4 jembatan lagi, namun jembatan dengan ukuran yang lebih kecil. Diantaranya berada di Kecamatan Windusari, Pakis dan Grabag,” pungkas Kurniawan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI