2017, Pemprov Jateng Rehab 20.027 RTLH

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah merehab 20.027 rumah tidak layak huni (RTLH) sepanjang tahun 2017. Pemerintah terus berupaya mengurangi jumlah RTLH di Jawa Tengah yang sesuai hasil Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 jumlahnya 1,76 juta rumah.

"Alokasi rehab rumah didistribusikan merata ke seluruh wilayah Jateng berdasar usulan kabupaten/kota. Untuk program 2017, sedang proses pekerjaan dan rata-rata di atas 50 persen," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jawa Tengah Rudy Apriyantono, kepada KRJOGJA.com di Purworejo, Kamis (26/10).
  
Rudy menjelaskan setiap rumah sasaran mendapat bantuan stimulans Rp 10 juta. Bantuan diwujudkan dalam bentuk material bahan bangunan. Perbaikan dilakukan kelompok masyarakat (pokmas) yang dibentuk pihak desa sebelum proses pencairan. 
  
Menurutnya, nilai bantuan dari pemerintah tidak mencukupi untuk merehab rumah menjadi sangat layak. Untuk itu, katanya, harus ada partisipasi dari masyarakat sekitar baik dalam bentuk material atau tenaga kerja.
  
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Purworejo Ir Susanto menambahkan, pemerintah membantu rehab 578 RTLH di 19 desa wilayah Purworejo. Pemkab sendiri, katanya, mengusulkan 678 rumah untuk direhab. "Informasinya sisa seratus rumah masih diproses, harapan kami bisa cair bantuannya," ucapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI