220 Pesilat Gelar Latber di Goa Seplawan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 220 atlet silat dari delapan padepokan silat yang ada di Kabupaten Purworejo menggelar latihan bersama (latber). Latber ini digelar selama satu hari di Ojek Wisata (obwis) Goa Seplawan di Perbukitan Menoreh Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Purworejo.

“Kita sengaja menggelar latber di lokasi ini untuk menjalin persahabatan, sekaligus melatih fisik para atlet karena medannya cukup bagus,” kata H Muslimin dari Padepokan Persatuan Silat Manunggal Ati Suci (PS MAS) Purworejo, Senin (23/11/2020).

Lokasi ini menurut Muslimin, sangat cocok untuk melatih fisik para atlet silat, mengingat kondisi alam yang luar biasa. Berada di puncak Pebukitan Menoreh (1000 dpl), juga terdapat goa alam yang berlumpur dan bebatuan yang cukup menantang. “Secara alam lokasi ini sangat cocok untuk melatih fisik para atet silat,” jelasnya.

Sedang padepokan yang telibat dalam latber yang sekaligus sebagai ajang tri out diantaranya Padepokan PS MAS 48 atlet, PS Tlapak Sakti 15, PS Cakra Nusantara 60, PS Trisaka 27, PS Tapak Suci 15, PS Setio Budi 15, PS Putra Pajajaran 25, dan PS Roso Sejati 10 atlet. “Total keseluruhan ada 220 pesilat dari depalan padepokan,” tambah Muslimin.

Melalui kegiatan latber ini, silat harus bisa membantu kamtibmas, membantu mensosialisasikan protokol kesehatan dan menjaga kerukunan terutama antar padepokan. “Kita juga banyak mendapat arahan baik dari aparat kepolisian maupun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” aku Muslimin. (Nar)

BERITA REKOMENDASI