221 Sertifikat Tanah Prona Diserahkan

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN (KRjogja.com) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten menyerahkan sebanyak 221 sertifikat tanah Prona tahun 2016 kepada warga Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk, Klaten.

Kepala BPN, Cahyono, mengharapkan masyarakat tidak takut dan ragu untuk segera mengurus surat tanah. Kemudahan pengurusan sertifikat tanah Prona ini merupakan salah satu unggulan program nasional guna memberikan kemudahan pelayanan dan akses cepat demi membantu masyarakat.
Lebih jauh dikatakan, dalam pengurusan sertifikat tanah, masyarakat bisa datang sendiri ke Kantor BPN Klaten .

Cahyono mengajak masyarakat di Klaten untuk mengurus sendiri dan bisa juga melalui koordinasi pemerintah desa. Untuk tahun 2016 BPN Klaten telah menyelesaikan 2000 sertifikat tanah Prona. Sertifikat yang seharusnya selesai Desember 2016, namun bisa dipercepat penyelesaianya di bulan Juli 2016.
“Tahun 2017 mendatang, kita targetkan bisa menyelesaikan 7.500 sertipikat . Dengan catatan tanah yang diajukan tidak bermasalah," kata Cahyono.

Lebih lanjut Cahyono menjelaskan,  jika memang ada perselisihan atau ada permasalahan antar warga pihak BPN Klaten juga membuka mediasi. Jangan sampai ada warga yang merasa dirugikan dan ketika permasalahan belum selesai, pihak BPN Klaten tak berani memutuskan. Permasalahan apapun yang menjadi kendala upaya proses sertipikat harus diselesaikan dulu dengan mediasi.

Kepala Desa Wanglu, Guwono, menyambut gembira adanya penyerahan sertipikat tanah tersebut. Acara ini juga sekaligus sebagai ajang halal bihalal masyarakat Desa Wanglu . pesan halal bihalal disampaikan Ustadz Mulyono Latif.

Warga Wanglu, Guwono, mengatakan selama puluhan tahun banyak tanah warga yang belum terurus kejelasan sertifikatnya. Ada yang 20 tahun, bahkan 30 tahun . “Saat ini ada 221 sertifikat sudah jadi, segera menyusul 250 ajuan pensertifikatan lainya," kata Guwono. (Sit)

BERITA REKOMENDASI