26 Warga Purworejo Positif Rapid Test Covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 26 warga Kabupaten Purworejo dinyatakan positif Rapid Diagnostic Test (RDT). Mereka secara bertahap akan diantar untuk menjalani isolasi di RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo.

Sudah sembilan warga positif RDT yang menjalani isolasi di rumah sakit itu. “Sejak Kamis kita jemput untuk diantar ke rumah sakit untuk isolasi sambil menunggu hasil tes swab. Prosedur itu kami lakukan untuk memastikan bahwa warga positif RDT tidak melakukan aktivitas di luar rumah,” tutur Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purworejo Darus, kepada KRJOGJA.com, Sabtu (18/04/2020).

Selain itu, terdapat juga 173 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terus dipantau kondisi kesehatannya. Mereka, kata Darus, adalah warga yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

“Mulai keluarga dan orang lain yang dilaporkan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan RDT positif,” terangnya.

Sementara itu, GTPP melaksanakan pemakaman dengan prosedur Covid-19 terhadap perempuan warga salah satu di Kecamatan Loano. Perempuan itu meninggal dunia ketika perjalanan pulang dari Jakarta bersama anak, menantu dan cucunya, naik mobil sewaan.

Menurutnya, kematian itu dilaporkan ke puskesmas dan GTPP, sehingga dilakukan penyelidikan epidemologi. Berdasar penuturan keluarga, kata Darus, almarhumah mengeluh sakit seminggu terakhir, kemudian memutuskan pulang ke Purworejo.

“Kami lakukan tes cepat terhadap keluarga yang kontak erat, hasilnya satu positif RDT. Warga positif ini akan diantar untuk isolasi, sedangkan keluarga lain wajib karantina mandiri di rumah,” tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI