285 Sekdes Ditarik OPD, Pelamar Luar Desa Berdatangan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Minat untuk menjadi sekretaris desa (Sekdes) di wilayah Kabupaten Purworejo terus membludak. Terlebih dengan diperbolehkan warga luar desa untuk melamar menjadi Sekdes, mengakibatkan pelamar datang dari berbagai penjuru, bahkan luar provinsi.

“Terutama pada daerah perbatasan, banyak pelamar untuk menjadi Sekdes,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purworejo H Genthong Sumharjono SSos MM, Sabtu (2/9).

Di wilayah Kecamatan Kaligesing yang berbatasan dengan DIY, menurut Genthong Sumharjono, saat dibuka pendaftaran Sekdes, ada banyak warga Kulonprogo yang ikut mendaftar. “Dan ternyata nilainya paling bagus sehinga diterima menjadi Sekdes di wilayah Kaligesing,” katanya.

Dikatakan, pasca ditariknya para Sekdes PNS ke organisasi perangkat daerah (OPD), kini banyak jabatan Sekdes yang kosong. “Masih ada 285 desa yang Sekdesnya ditarik OPD, dari jumlah itu Desa Kesugihan Kecamatan Purwodadi sudah melakukan seleksi dan sudah ada Sekdes terpilih, sehinga sekarang tinggal 284 desa,” jelasnya.

Desa-desa itu menurut Genthong Sumharjono, jabatan Sekdesnya untuk sementara diisi penjabat sementara (Pj), sampai terpilih Sekdes tetap.

Sedang untuk seleksi Sekdes menjadi kewenangan desa masing-masing, namun tetap ada syarat untuk seleksi. Bahkan jika tidak memungkinkan, seleksi bisa dilakukan bersama-sama dengan desa lain dan difasilitasi kecamatan. Hanya saja semua akomodasi dan kebutuhan lainnya tetap menjadi tanggungjawab desa masing-masing. (Nar)

BERITA REKOMENDASI