3.109 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Candi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 3.190 pelanggar lalu lintas (Lalin) di wilayah hukum Polres Purworejo terpaksa dilakukan peningdakan. Pelanggaran itu terjaring selam gelar Operasi (OPS) Zebra Candi 2019 yang digelar selama dua pekan terakhir.

“Jumlah pelanggaran itu melebihi angka yang ditargetkan sebanyak 2.912. Itu artinya kedisiplinan masyarakat Purworejo dalam berlalu lintas masih rendah,” kata Kasatlantas Polres Purworejo AKP Marlin SP, Kamis (7/11).

Operasi (OPS) Zebra Candi 2019 katanya, digelar selama dua pekan, dengan sasaran kendaraan bermotor, utamanya sepeda motor. Digelar di berbagai tempat, baik dilakukan dengan pemeriksaan massal maupun petugas yang keliling ke berbagai jalur.

Dari angka pelanggaran itu lanjut Marlin SP, masih didominasi pelajar. Dimana anak-anak yang belum cukup usia untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) memaksakan diri menggunakan sepeda motor. Padahal pihak Polres sudah bekerjasama dengan sekolah, agar pelajar yang belum memiliki SIM tidak diperkenankan menggunakan kendaraan.

“Tapi rupanya para pelajar banyak yang melanggar, tidak memarkir sepedanya di sekolah tapi dititipkan di tetangga sekolah,” keluh Marlin SP yang didampingi Kabag Humas Polres Komariah.

Pihaknya berharap agar para orang tua/wali siswa untuk mengingatkan anaknya yang belum memiliki SIM agar tidak mengendarai kendaraan bermotor. “Lebih baik diantar atau naik angkutan umum,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI