3.297 Warga Purworejo Jalani Vaksinasi Tahap II

PUWRWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 3.297 warga Kabupaten Purworejo telah menerima vaksin Covid-19 sejak kegiatan vaksinasi tahap II dosis pertama dilaksanakan pada 23 Februari 2021. Mereka adalah petugas pelayanan publik termasuk TNI/Polri.

Sementara dalam lima hari kegiatan, terdapat 140 sasaran yang tidak terimunisasi. “Mereka ini tidak lolos skrining, karena alasan kesehatan, sehingga harus ditunda atau bisa juga masuk kriteria ekslusi yakni tidak layak divaksinasi,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT, kepada KRJOGJA.com, Minggu (28/2).

Sasaran yang ditunda vaksinasinya sebanyak 101, sedangkan yang eksklusi 39 orang. Mereka yang menjalani penundaan akan divaksin setelah penjadwalan lagi oleh Satgas Covid-19. Vaksinasi dilaksanakan di 26 fasilitas kesehatan yang terdapat di Kabupaten Purworejo. “Ada 42 tempat vaksinasi, mulai rumah sakit, klinik, dan puskesmas, tapi baru diselenggarakan di 26 fasilitas,” ucapnya.

Menurutnya, tidak ditemukan ada kelompok sasaran yang menolak vaksinasi Covid-19. Meski ada laporan beberapa sasaran yang fobia jarum suntik, tapi vaksinasi tetap berhasil dilaksanakan. Satgas menerima beberapa laporan kejadian ikutan pascaimunisasi, antara lain sasaran pusing dan mual, namun sebagian besar tidak berlangsung lama.  “Ada yang diberi oksigen dan sembuh. Hanya ada satu yang dirawat di rumah sakit karena ada gejala mual dan muntah. Tapi kondisinya sudah membaik,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI