3.500 Seniman dan Penari Ikut Terlibat

MAGELANG (KRjogja.com) – Sedikitnya 3.500 penggiat seni terlibat dalam Parade Seni dan Budaya Jawa Tengah 2016 berlangsung di Kota Magelang, Minggu (28/8/2016) malam. Meskipun beberapa menit sebelumnya hujan deras sempat mengguyur Kota Magelang, hal itu tidak menjadi penghalang para seniman dan seniwati serta penari untuk tampil.

Lima ratus penari Topeng Ireng dari Kota Magelang mengawali pembukaan kegiatan Parade Seni dan Budaya Jawa tengah 2016, yang disusul dengan penampilan grup drumband Canka Lokananta Akademi Militer (Akmil) Magelang.

"Parade Seni dan Budaya Jawa Tengah 2016 ini memiliki konsep perpaduan antara gerak dan lagu dalam lingkup seni warisan budaya Indonesia. Ada sekitar 3.500 seniman, seniwati dan penari dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah terlibat dalam kegiatan ini. Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016 ini merupakan rangkaian acara pada kegiatan HUT ke-66 Provinsi Jawa Tengah, 3 Tahun masa jabatan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko dan juga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Wibowo. Parade ini dibuka Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, yang dilanjutkan dengan penutupan Pesta Rakyat yang selama 3 hari dilaksanakan di beberapa lokasi di Kota Magelang.

Gubernur Jateng dalam sambutan yang disampaikan Wakil Gubernur Jateng diantaranya mengatakan ini merupakan acara yang 'sambil menyelam minum air'. Selain sebagai upaya nyata nguri-nguri seni budaya tradisional sekaligus menjadi media efektif untuk menyampaikan pesan dan informasi seni budaya serta informasi pariwisata kepada masyarakat luas. (Tha)

BERITA REKOMENDASI