3 Perguruan Silat Gelar Latber di Hutan Pinus

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sekitar 130 an atlet silat dari tiga perguruan silat menggelar latihan bersama (Latber) di hutan pinus wilayah Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini sekaligus sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Prabowo Cup III tahun 2020 yang direncanakan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) awal Desember mendatang.

“Kita mencoba untuk berlatih besama dalam menghadapi Kejurnas nanti, sehingga para atlet benar-benar siap secara mental dan fisik,” kata Ketua Perguruan Silat Manunggal Ati Suci (PS MAS) Purworejo H Muslimin, Rabu (2/9).

Sedang ketiga perguruan silat ini selain dari PS MAS, juga dari Padepokan PS Cakranusantara Kelurahan Pangenjurutengah dan PS Tricaka Kelurahan Cangkrep Kidul keduanya di wilayah Kecamatan Purworejo. “Kegiatan ini sekaligus TC gabungan tiga padepokan,” jelasnya.

Dari kegiatan latber ini menurut Muslimin yang didampingi pelatih PS Cakranusantara Budiyono, dan pelatih Tricaka Cangkrep Kidul Wibowo juga sebagai ajang untuk menimba pengalaman sekaligus penjajagan kekuatan masing-masing padepokan. Dari sini masing-masing atlet akan mendapat pengalaman baru yang mungkin selama ini tidak didapat dari padeponannya.

“Mungkin ada beberapa hal yang tidak diberikan selama di padeponannya, namun diajarkan di padepokan lain, sehingga dapat saling mengisi,” jelasnya.

Latber ini tambahnya, sekaligus untuk menjalin keakraban antar atlet lintas padepokan sehingga akan terjalin rasa pesaudaraan antar atlet dari daerah yang sama. (Nar)

BERITA REKOMENDASI