308 Calon Sekdes Bersaing di Pituruh

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) –  Minat untuk menjadi pejabat sekretaris desa (Sekdes) di wilayah Kecamatan Pituruh Kabupaten Purwoerjo cukup tinggi. Bahkan untuk mengisi posisi jabatan itu, tercatat 308 orang mendaftarkan diri untuk menjadi sekdes di 45 desa yang ada di wilayah kecamatan itu. Kini seluruh desa di wilayah kecamatan Pituruh terjadi kekosongan pejabat sekdes.

“Seluruh desa di wilayah kami mengalami kekosongan pejabat sekdes, karena sekdes sebelumnya PNS dan ditarik ke instansi induknya,” kata Camat Pituruh Drs Sigit Setiyabudi MM, Sabtu (23/9).

Menurutnya, sejak para sekdes ditarik ke instansi induk seluruh jabatan sekdes menjadi kosong, karena mereka berhasil diangkat sebagai PNS, saat ada kebijakan pengangkatan sekdes menjadi PNS beberapa tahun lalu. “Untuk sementara jabatan sekdes dilaksanakan penjabat sementara,” jelasnya.

Sesuai aturan kata Sigit Setiyabudi, para calon sekdes ini akan menjalani seleksi sesuai tahapan, yang akan dimulai tanggal 27 September ini. Sedang dari 45 desa, untuk Desa Ngampel pendaftarnya paling banyak, yakni mencapai 14 orang. Sedang lainnya normal. “Minimal satu desa dua orang calon sekdes,” jelasnya.

Panitia penjaringan sekdes ini tambah Sigit Setiyabudi, murni dibentuk di desa masing-masing. “Camat hanya menjadi tim monitoring dan memfasilitasi,” tandasnya.

Ditambahkan pula, para calon sekdes ini harus mengikuti seluruh tahapan seleksi, mulai dari seleksi tertulis hingga seleksi pidato. “Untuk seleksi tertulis akan kita selenggarakan secara serentak, difasilitasi kecamatan. Sedang untuk seleksi pidato akan dilaksanakan di desa masing-masing,” katanya. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI