32 Anggota PPK Purworejo Diberhentikan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 32 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh kecamatan di Kabupaten Purworejo terpaksa diberhentikan setelah melalui proses evaluasi. Namun mereka masih tetap akan bekerja hingga selesai tahapan Pemilu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo Drs Dulrokhim, Rabu (7/3) menjelaskan, sesuai aturan, untuk Pemilu Pilgub Jawa Tengah jumlah anggota PPK di masing-masing kecamatan  sebanyak lima orang, sehingga total anggota  PPK se Purworejo ada 80 orang yang bertugas di 16 kecamatan. Mereka sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan tahapan Pilgub. “Mereka akan menyelesaikan tugasnya hingga akhir tahapan Pilgub,” kata Dulrokhim.

Namun terkait dengan peraturan baru, maka jumlah anggota PPK untuk Pemilu Pemilihan Persiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 setiap kecamatan hanya tiga orang anggota PPK. “Dengan demikian maka dari 80 anggota PPK ini otomatis hanya disisakan 48 anggota, dimana masing-masing kecamatan hanya tiga orang anggota PPK,” jelas Dulrokhim.

Untuk Pemilu Pilgub proses pengadaan anggota PPK dilakukan secara rekruitmen dan seleksi oleh KPU, dimana masing-masing kecamatan diambil lima orang. Mereka secara resmi telah dilantik dan menjalankan tugas-tugasnya untuk Pilgub.

Sementara itu tahapan untuk Pilpres 2019, tidak ada pengadaan atau seleksi baru anggota PPK, hanya dilakukan eveluasi. “Dari hasil evaluasi ini hanya kita ambil 48 anggota PPK, untuk masing-masing kecamatan tiga orang, sehingga terdapat 32 anggota PPK yang terpaksa diberhentikan. (Nar)

BERITA REKOMENDASI