37 TKW yang Ditahan Imigrasi Dipastikan Legal

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 37 TKW Kabupaten Purworejo yang ditahan pihak Imigrasi Malaysia di Kota Melaka, dipastikan legal. Mereka berangkat kerja lewat jalur resmi dan diketahui pemerintah dua negara.

Kepala Cabang PT Dian Yogya Perdana Tri Marzuningsih mengatakan, pekerja migran berangkat sesuai aturan yang ditetapkan. "Jalur resmi, sejak 2007 kami memberangkatkan tenaga kerja, tidak pernah secara ilegal. Pekerja kami tidak pernah bermasalah," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Kamis (8/2).

BACA JUGA :

37 TKW Purworejo Ditahan Imigrasi Malaysia

Cek TKW Tahanan Imigrasi, Pemkab Batal Berangkat ke Malaysia

Menurutnya, berkas seluruh pekerja asli dan sesuai persyaratan. Nama mereka terdaftar dalam database Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinpernakertans) Purworejo yang dapat diakses secara nasional.

Mereka juga terdaftar dalam database imigrasi Malaysia. Paspor dan visa lengkap, mereka sampai Malaysia langsung bekerja di pabrik Dominant di Melaka. "Kalau tidak ada dalam database atau dikatakan ilegal, mereka tidak mungkin lolos pemeriksaan di bandara Kuala Lumpur," tegasnya.

Ditambahkan, para pekerja memang tidak membawa dokumen lengkap ketika berangkat ke pabrik. Dokumen ada di tangan petugas agen penempatan di Melaka. "Saat petugas imigrasi mengecek dan tanya dokumen, tentu tidak ada, hanya tunjukan ID. Mereka pun dibawa ke kantor imigrasi, lalu petugas kami segera mengirim dokumen lengkap ke imigrasi, namun mereka tidak dikeluarkan," terangnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI