38 Pohon Tumbang, Kota Magelang Siaga Bencana

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kejadian angin kencang bercampur hujan deras di wilayah Kota Magelang, beberapa waktu lalu, hendaknya dapat dijadikan sebagai pelajaran banyak pihak. Tidak sedikit pohon yang tumbang dalam kejadian sore itu, termasuk beberapa pohon besar yang ada di kanan-kiri Jalan Gatot Subroto maupun di lokasi lain.

Hal ini dibenarkan Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT kepada KRJOGJA.com usai memimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Tingkat Kota Magelang yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Walikota Magelang, Rabu (11/11/2020).

Dikatakan Walikota Magelang, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang sudah memahami mana-mana yang perlu dirapikan dan mana-mana yang harus dipotong. “Ini peringatan awal. Nanti kita cek lagi,” kata Walikota
Magelang yang didampingi Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan dan anggota Forkopimda lainnya serta Sekretaris Daerah Kota Magelang Drs Joko Budiyono MM.

Dikatakan, selama ini sudah baik dan langsung tanggap. Pada kejadian 5 November 2020 sore lalu, semua komponen terjun ke lapangan, Dilakukan apel ini merupakan sinyal untuk “sedia payung sebelum hujan”. Beberapa peralatan sudah digelar dan sudah siap, demikian juga peralatan lainnya.

Untuk masa mendatang juga perlu untuk dipikirkan lagi, terlebih di wilayah Kota Magelang juga ada bangunan yang memiliki lantai 10. “Dalam rangka pelayanan, harus berpikir kesana,” katanya. Di RSUD Tidar Magelang juga ada bangunan yang 6 lantai dan 8 lantai, mendatang seharusnya juga menjangkau manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk kesiapsiagaannya.

BERITA REKOMENDASI