4 Kabupaten Studi Perencanaan Pembangunan di Temanggung

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Empat Kabupaten, Jombang, Bengkulu Utara Banyumas dan Karanganyar melakukan studi komparatif perencanaan pembangunan di Kabupaten Temanggung, Kamis (8/10).

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan ketertarikan studi komparatif karena Temanggung dua kali menjadi juara pada perencanaan pembangunan tingkat nasional yang digelar Bappenas.

“Kami tertarik belajar dalam perencanaan pembangunan, sehingga kami datang langsung ke Temanggung,” kata Mundjidah, Kamis (8/10).

Dikemukakan diantara yang harus dipelajari adalah apakah dalam perencanaan pembangunan melibatkan masyarakat dari bawah, yakni dari RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan hingga akhirnya diputuskan musren tingkat kabupaten.

“Perencanaan pembangunan, juga apakah dalam proses penganggarannya melibatkan masyarakat,” kata dia.

Disampaikan perencanaan pembangunan terkait erat dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten, dan juga provinsi. Sehingga bagaimana dengan perencanaan pembangunan dari masyarakat tersebut dengan RPJMD yang ada.

Dikemukakan studi secara intensif akan dilakukan tim khusus dari Bappeda pada Bappeda Temanggung. Sehingga akan diperoleh data dan keterangan yang lebih lengkap sesuai yang dibutuhkan. “Kami juga akan meninjau sejumlah destinasi andalan Temanggung,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI