40 Persen Sapi Kurban Terinfeksi Cacing Hati

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sekitar 40 persen sapi yang dikurbankan di Kabupaten Purworejo, diperkirakan terinfeksi cacing hati. Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Purworejo meminta panitia kurban mengecek kondisi jeroan sapi pasca disembelih.

Kepala Bidang Peternakan DP2KP Purworejo Ir M Riyanto mengatakan, cacing hati lazim menginfeksi sapi di Indonesia. "Adalah hal biasa, penularan lewat rumput tercemar telur cacing yang dimakan sapi," katanya kepada KRJOGJA.com, Minggu (3/9).
 
Menurutnya, cacing hati termasuk sulit dideteksi. Tidak ada jaminan sapi yang secara fisik terlihat sehat, bebas dari cacing. Ada banyaktemuan cacing hati pada sapi sehat yang dikurbankan. Cacing hati, termasuk parasit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Hati sapi terinfeksi, mengandung banyak kotoran
dantelur cacing. Dampak jangka panjang dapat dirasakan apabila telur
cacing menetas dalam tubuh manusia.
  
Karena itu, lanjutnya, panitia kurban harus jeli mengamati kondisi hewan pasca pemotongan. "Cek seluruh bagian jeroan, terutama hati, limpa dan paru. Kalau hati terinfeksi dan kerusakannya sampai 50 persen, sebaiknya dimusnahkan," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI