402 WBP Lapas Magelang Terima Remisi

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJogja.com – Tepat HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Tanggal 17 Agustus 2021 kemarin, kebahagiaan menyelimuti diri banyak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LP Kelas IIA Magelang (Lapas Magelang). Ini karena tepat pada peringatan tersebut ada 402 WBP Lapas Magelang menerima pengurangan masa pidana atau remisi.

Bervariasi besarnya remisi yang diterima, ada yang menerima 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan ada juga yang menerima 6 bulan. Bahkan diantaranya 402 WBP tersebut, ada 3 orang yang langsung habis masa pidananya setelah menerima remisi, sehingga mereka langsung bebas dan kembali ke rumah masing-masing.

Informasi yang diperoleh KRJogja.com menyebutkan diantara ketiga yang habis masa hukuman pidananya tersebut ada yang merupakan warga Kota Magelang dan ada juga warga Kabupaten Magelang. Mereka juga sudah menghubungi keluarga masing-masing mengenai hal ini.

Prosesi penyerahan remisi tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan dilakukan secara virtual atau daring. Di Lapas Magelang, proses penyerahan remisi dilaksanakan di Ruang Pendidikan Lapas Magelang, sebanyak 5 orang perwakilan WBP penerima remisi mengambil SK Remisinya masing-masing yang ada di atas meja di depannya dengan disaksikan Kepala Lapas Magelang Satrio Waluyo BcIP SH MSi.

Kepada KRJogja.com secara terpisah, Kepala Lapas Magelang usai acara diantaranya mengatakan pemberian remisi harus tetap dilakukan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasona H Laoly juga mencarikan waktu untuk tetap ada, karena ini merupakan apresiasi dari negara, apresiasi dari pemerintah terhadap warga binaan yang berkelakuan baik dalam 1 tahun sehingga mereka bisa menerima apa yang mereka dapatkan dalam 1 tahun ini.

Salah satu syarat mendapatkan remisi adalah berkelakuan baik, dan itu menjadi modal utama bagi WBP untuk bisa mendapatkan remisi ini.

BERITA REKOMENDASI