45 Calon Anggota DPRD Purworejo Segera Dilantik

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak enam partai politik (Parpol) Peserta Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Purworejo gagal menempatkan kadernya di lembaga lebislatif. Suara partai itu tidak ada yang memenuhi kouta kursi di enam daerah pemilihan (Dapil) di Purworejo.

Sementara itu 45 calon anggota legislatif (Caleg) terpilih DPRD Purworejo hasil Pemilu 2019 dijadwalkan akan dilantik besok, Rabu (14/08/2019) di gedung DPRD Purworejo. “Tugas kami sampai disini (penetapan), tinggal kita serahkan ke lembaga yang berwenang untuk pengukuhan (pelantikan),” kata Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim usai rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi Parpol dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Purworejo Pemiu 2019, Senin (22/08/2019).

Menurut Dulrokhim, dalam perhelatan Pemilu kemarin di Purworejo ada enam Parpol yang perolehan suaranya tidak mampu mendudukkan wakilnya di lembaga legislatif masing-masing PSI, PKPI, Partai Berkarya, PBB, Perindo, dan Partai Garuda. “Keenam Parpol ini di semua Dapil dukungan suaranya tidak mencukupi untuk mengangkat wakilnya di DPRD,” jelasnya.

Sementara itu dua orang caleg yang sedianya berhasil mendapatkan kursi namun gagal karena melakukan pelanggaran pidaha Pemilu dan sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Kedua Caleg itu Endang Tafip Handayani SH yang kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Purworejo dari Partai Gerinda, dan Gofururohim dari PKS yang terbukti melakukan money politik. Kedua Caleg yang kini masih menjabat ini langung diganti urutan di bawahnya dari partai yang sama.

Dari pleno KPU itu, sekaligus menetapkan 45 caleg DPRD Purworejo terpilih yang akan segera dilantik untuk jabatan lima tahun kedepan, masing-masing untuk PDIP 10 orang,  Partai Golkar delapan orang, Partai Demokrat enam enam orang , PKB, Nasdem, dan Partai Gerinda masing-masing lima orang, PKS dan PPP masing-masing dua orang, serta dan PAN dan Partai Hanura masing-masing  satu  orang.  (Nar)

BERITA REKOMENDASI