453 Calhaj Purworejo Divaksin Meningitis

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 453 calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Purworejo mengikuti vaksinasi meningitis di Pendopo Kecamatan Purworejo, Rabu (3/8/2016). Vaksinasi itu menjadi rangkaian terakhir menjelang keberangkatan jamaah asal Purworejo ke tanah suci yang dijadwalkan pada 23 Agustus dan 1 September 2016.

Klik juga: Mudahkan Pengenalan, Gelang Haji Diperbaharui

Petugas dinkes melakukan vaksinasi meningitis secara gratis. "Vaksinasi meningitis paling wajib, kalau tidak ada bukti sudah divaksin, tidak akan bisa berangkat ibadah haji. Label vaksin akan ditempelkan dalam paspor jamaah," tegas drg Dwitiya Suprijono MKes Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo, kepada KRjogja.com.

Ketika Haji tetap berkomunikasi: Begini Cara Nyaman Berkomunikasi dengan Keluarga Saat Haji

Bahkan calon jamaah yang sakit juga wajib mengikuti vaksinasi. Apabila karena penyakit, tidak sempat datang ikut  vaksinasi di Kecamatan Purworejo, calhaj diwajibkan imunisasi di Kantor Surveilance Dinkes Purworejo kompleks Kesatrian, dengan batas waktu maksimal Senin (8/8/2016).

Ingat! Calhaj usia senja, persiapkan Ini

Menurutnya, dinkes tidak memberikan vaksinasi influenza bersamaan dengan imunisasi meningitis. Vaksinasi influenza merupakan pilihan dan didapatkan di puskesmas setempat. "Influenza sepertinya sudah aman, sebab informasi terakhir, penyakit saluran pernafasan akut jarang ditemukan di Arab Saudi," tuturnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI