48 Panwascam Bakal Awasi Pilkada Purworejo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 48 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan  (Panwascam) di 16 kecamatan di Kabupatren Purworejo telah dikukuhkan dan akan langsung melakukan tugas selama sembilan bulan kedepan.

“Untuk menunjang kinerjanya, mereka akan dilengkapi dengan kesekretariatan di tingkat kecamatan, dan akan merekrut  anggota pengawas di tingkatan di bawahnya,”  kata Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq SH SThI usai pengukuhan Panwascam di Hotel Plaza Purworejo, Senin (23/12/2019).

Diakui, minat warga masyarakat Purworejo untuk terlibat dalam pengawasan cukup tinggi. Pada awal pendaftaran tercatat ada 274 peserta yang mendaftar. Namun dalam seleksi administrasi hanya lolos 249. “Mereka yang tidak lolos administrasi rata-rata karena kurang lengkapnya data sersuai persyaratan. Termasuk usia yang masih dibawah 25 tahun,” katanya.

Pimpinan Bawaslu Jawa Tengah Anik Solihatun SPd MPd menambahkan, bahwa Panwascam yang dikukuhkan ini akan langsung melaksanakan tugaqs-tugas pengawasan. “Tugas yang paling dekat pengawasan sosialisasi dan syarat dukungan calon perseorangan, dengan dukungan KTP. Ini harus diteliti satu per satu secara cermat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Assisten Sekda Purworejo bidang Pemerintahan H Genthong Sumharjono SSos MM menandaskan, bahwa salah satu aspek penting bagi legitimasi sebuah pemilihan umum adalah terselenggaranya pengawasan yang baik, baik dari lembaga pengawasan Pemilu yang resmi, maupun pengawasan independen yang dibentuk oleh masyarakat.

“Melalui pengawasan yang baik proses dan mekanisme Pemilu akan selalu terjaga sesuai koridor aturan, sehingga hasil Pemilu benar-benar bisa legitimate dan akseptabel, dapat diterima seluruh masyarakat dan menghasilkan pemimpin yang amanah,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI