48 Rumah Korban Bencana Segera Direlokasi

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akan segera malakukan relokasi tempat tinggal bagi korban bancana tanah longsor. Relokasi akan dilakukan dalam tahapan masa transisi pemulihan yang berlaku efektif hingga pertengahan Oktober mendatang.

“Korban yang akan direlokasi terdapat di lima desa di tiga wilayah kecamatan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Drs Boedi Hardjono.

Dijelaskan, korban tanah longsor yang rumahnya akan direlokasi itu terdiri warga di Desa Sidomulyo, Donorati dan Pacekelan masing-masing di Kecamatan Purwoerjo, Desa Jelok Kecamatan Kaligesing dan Desa Karangrejo di Kecamatan Loano.

“Warga Sidomulyo termasuk paling banyak karena ada 14 rumah atau kepala keluarga (KK). Sedang untuk warga Donorati, Pacekelan, dan Jelok masing-masing delapan rumah, serta Karangrejo empat rumah,” katanya.

Relokasi ini lanjut Boedi Hardjono, ada warga yang akan ditempatkan di lokasi baru yang aman dari ancaman bencana longsor. “Kita sesuaikan dengan kemampuan desa masing-masing. Ada korban yang telah menyiapkan lokasi sendiri untuk dibangun hunian baru dan ada pula yang akan menempati lokasi baru dengan pembebasan lahan oleh Pemkab,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI