49 Desa Jadi Sasaran Penanaman Bawang Putih

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung menetapkan 49 desa yang tersebar di 11 kecamatan Kabupaten Temanggung sebagai sasaran program penanaman bawang putih seluas 1.120 hektare. Lahan tersebut adalah di lereng Sumbing, Sindoro dan Perahu.

"Program penanaman bawang putih untuk menunjang swasembada komoditas tersebut seperti yang disampaikan Presiden Jokowi," kata Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Temanggung, Sigit Sulistyo Budi, Selasa (5/12).

Dikatakan program tersebut melibatkan 152 kelompok tani, mereka mendapatkan bantuan berupa sarana produksi dan alat mesin pertanian, yang didanai dari APBN Perubahan 2017. 

Benih bawang putih, terangnya diusahakan sendiri oleh kelompok tani dan mayoritas jenis bawang putih lokal, yakni varietas lumbu hijau dan lumbu kuning. Varietas tersebut cocok dengan Temanggung yang lahan bawang putihnya berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

" Bawang putih varietas lumbu hijau dan lumbu kuning sangat disukai masyarakat, harganya benihnya berkisar Rp 70.000 hingga Rp 80.000 per kilogram," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI