50 Ribu Calon Pemilih Pemula di Temanggung Mulai Jalani Perekaman Data

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Sebanyak 50 ribu calon pemilih pemula di Kabupaten Temanggung mulai menjalani perekaman data untuk E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten setempat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Temanggung Bagus Panuntun mengatakan perekaman data calon pemilih pemula pada Pemilu 2024 dimulai Senin (21/3) dan ditarget selesai dalam 6 atau 7 bulan mendatang.

“Data calon pemilih pada pemilu 2024 ditarget selesai Oktober. Pemilih pemula ini adalah mereka yang kini berusia 16 atau 17 tahun dan belum melakukan perekaman data kependudukan,” kata Bagus Panuntun, ditemui disela pemantauan perekaman data, Senin (21/3)

Bagus Panuntun mengatakan perekaman data calon pemilih pemula adalah perintah dari Kementerian Dalam Negeri, yakni Disdukcapil harus menyerahkan calon pemilih yang sudah direkam 1,5 tahun sebelum pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

Maka, kata dia, mulai Senin ini melakukan kickoff perekaman data calon pemilih pemula. Di Temanggung berdasar data ada sekitar 50 ribu calon pemilih pemula yang akan dilakukan perekaman.

Dikatakan ditarget pada Oktober mendatang Kabupaten Temanggung dapat menyerahkan data calon pemilih tahun 2024. Sambil perekaman itu pihaknya membersihkan data atau calon pemilih yang sudah meninggal.

Sehingga nantinya saat diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri data tersedia benar-benar bersih atau data valid.

Dia mengatakan 50 ribu calon pemilih pemula di Temanggung, sebanyak 43 persen menjalani perekaman di sekolah, sedangkan 57 persen di desa-desa.

Dia menegaskan perekaman data di usia anak 16 tahun untuk keperluan pemilu mendatang, yakni untuk pembuatan daftar pemilih yang akan diserahkan pada Kemendagri, dan merupakan bagian dari kolektivitas data.

Ketua KPU Temanggung Yusuf Hasyim mengatakan perekaman data untuk pemilih pemula Pemilu 2024 dimulai di Temanggung dengan menyasar diantaranya pelajar. “Kami sangat mengapresiasi langkah dari Disdukcapil, dalam perekaman data,” kata dia.

Dia mengatakan KPU perbulan melakukan pemutakhiran daftar pemilih melalui pemeliharaan daftar pemilih berkelanjutan.

Dikatakan sampai Februari 2022 jumlah pemilih di Temanggung sebanyak 607.171 Sedangkan data yang direkam tersebut nantinya akan diserahkan pada kementerian dalam negeri, untuk diserahkan pada KPU. “KPU nanti yang akan melakukan verifikasi faktual di desa-desa,”kata dia. (Osy)

 

 

BERITA REKOMENDASI