54.576 Saksi Bakal Diterjunkan dalam Pelaksanaan Pemilu

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi para saksi yang akan diterjunkan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Bimtek ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang tata cara pemungutan dan perhitungan surat suara serta rekapitulasi. Jumlah saksi Pemilu di Purworejo mencapai sekitar 54.576 orang.

“Persamaan persepsi ini diharapkan dapat mewujudkan Pemilu yang berkualitas. Untuk Bimtek saksi nanti akan dilaksanakan Panwaslu kecamatan,” kata Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Purworejo Rinto Hariyadi SSosI, Jumat (8/3).

Usai rapat koordinasi (Rakor) dengan pimpinan partai politik se Kabupaten Purworejo di kantor Bawaslu setempat Rinto Hariyadi berharap,  semua saksi dari peserta Pemilu baik Parpol maupun pilpres bisa mengikuti bimtek. “Tidak ada bimtek susulan bagi yang tidak hadir,” katanya.

Pelaksanaan Bimtek ini baru pertama kali dalam sejarah yang di fasilitasi Bawaslu. Peserta pemilu diminta menyertakan data saksi sebanyak satu orang untuk satu tempat pemungutan suara (TPS). “Penyerahan data saksi harus dilampiri surat madat dari parpol, ” tambahnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI