6.147 Pelajar SMK Siap Ikuti Ujian Sekolah Merdeka Belajar

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 6.147 pelajar kelas XII dari 41 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Purworejo siap menempuh ujian akhir sekolah, baik ujian nasional berbasis komputer (UNBK), ujian sekolah, maupun ujian kompetensi keahlian sesuai jurusan masing-masing.

“Sekarang lebih dikenal dengan ujian sekolah merdeka belajar, mengingat penetu kelulusan tidak hanya dari nilai mata pelajaran (Mapel) yang disertakan pada UNKB, namun nilai akumulasi sehingga masing-masing sekolah diuji keunggulannya,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd MPd, Senin (16/03/2020).

Dengan ujian sekolah merdeka belajar ini lanjut Ki Gandung Ngadina yang juga Kepala SMK TKM Tamansiswa Purworejo ini, menjadi taruhan kemampuan sekolah dalam mendidik para siswanya. Terutama di bidang keahlian. Terlebih di Purworejo terdapat tujuh SMK Negeri dan 34 SMK swasta dengan 27 kompetensi keahlian. “Di sini sekolah juga diuji dalam menyiapkan peserta didiknya dalam menghadapi ujian akhir ini,” jelas Ki Gandung Ngadina.

Guna menghadapi ujian ini lanjut Ki Gandung Ngadina, juga telah disiapkan 95 raung kelas untuk UNKB dengan pengawas secara silang sebanyak 452 guru dari berbagai sekolah yang terlibat. “Semua SMK mayoritas sudah menyatakan siap untuk kegiatan UNBK,” katanya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI