6 Kecamatan di Kabupaten Magelang Deklarasi Stop BAB Sembarangan!

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Magelang, mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan/Open Defecation Free (ODF). Enam kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Pakis, Kajoran, Dukun, Ngablak, Tempuran dan Bandongan.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 tahun 2014, tentang sanitasi total berbasis masyarakat dan edaran Bupati Magelang Nomor 443.65/017/05/2019 tentang percepatan ODF menuju Kabupaten Magelang bebas buang air besar sembarangan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti mengatakan, tujuan deklarasi ODF tersebut untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan kesehatan lingkungan, sehingga terwujud peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Kemudian untuk memberikan reward kepada masyarakat dalam rangka memberdayakan perilaku buang air besar yang sehat untuk memutus alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan,” kata Retno saat kegiatan deklarasi ODF di Rumah Dinas Bupati Magelang, Rabu (9/9/2020).

BERITA REKOMENDASI