63.314 Pemudik Pulang ke Kebumen

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEKRJOGJA.com – Dalam 1,5 bulan terakhir sejak minggu ketiga Maret 2020 sampai 6 Mei 2020, tercatat 63.314 orang pemudik pulang ke Kebumen. Berdasarkan rilis resmi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen pada Rabu (06/05/2020) pukul 13.10 WIB, diantara 26 kecamatan di Kebumen pemudik terbanyak menuju Kecamatan Kebumen dengan 4.867 orang.

Di peringkat dua Kecamatan Buayan dengan 4.576 orang dan peringkat tiga Kecamatan Alian dengan 4.125 orang. Di peringkat empat Kecamatan karanggayam dengan 3.810 orang, Kecamatan Sempor di peringkat lima dengan 3.393 orang dan Kecamatan Karangsambung di peringkat enam dengan 2.935 orang.

Kepala Dinkes Kebumen, Dwi Budi Satrio MKes, ketika ditemui menjelaskan data yang diunggah di website Kebumen Tanggap Covid-19 tersebut dihimpun oleh 35 Puskesmas yang tersebar di 26 kecamatan di Kebumen. “Petugas Puskesmas menerima data dari desa, sedangkan desa dari RW-RW di wilayahnya. Data yang tercatat adalah ‘by name by adress’,” jelas Budi Satrio.

Penghimpunan data pendatang yang masuk ke wilayah Kebumen yang tersebar di 26 kecamatan tersebut dilakukan dengan ketekunan oleh petugas Puskesmas. Ternyata, hal itu sangat bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen untuk mendapat gambaran nyata tentang jumlah warga Kebumen perantau yang harus pulang kampung karena terimbas pandemi Corona.

Berdasarkan pantauan KRJOGJA.com, di setiap RW di Kebumen kini telah diaktifkan posko-posko tempat pemudik maupun pendatang melaporkan diri mereka tentang kedatangan mereka di desa setempat. Petugas posko akan mencatat identitas pelapor dan memberikan masukan sesuai kondisi pelapor. (Dwi)

Beberapa pemudik ke Kebumen sedang dimintai keterangan oleh petugas Satpol PP Kebumen. (Dokumentasi Satpol PP kebumen)

BERITA REKOMENDASI