76 Koperasi di Kebumen ‘Mati Suri’

KEBUMEN KRJOGJA.com – Jumlah koperasi di  Kebumen hingga Juli 2019 mencapai 374 unit, namun hanya 298 unit saja yang aktif beroperasi. Sedangkan 76 unit lainnya dalam kondisi mati suri atau tak aktif.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto SH, yang membacakan sambutan tertulis Bupati Kebumen dalam Upacara Hari Koperasi ke 72, di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Rabu (17/07/2019). Upacara diikuti oleh segenap pejabat dan karyawan di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen.

"Seiring kemajuan teknologi saat ini, koperasi di Kebumen haruslah mampu menjadi koperasi zaman 'now', dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam pengelolaannya. Kondisi tersebut sesuai tema Hari Koperasi ke 72 yaitu Reformasi Total Koperasi Di Era Industri 4.0," harap Wabup Arif Sugiyanto.

Dijelaskan bahwa salah satu implementasi dari kriteria koperasi zaman now adalah penggunaan sistem aplikasi berbasis teknologi agar pelayanan kepada anggota menjadi lebih cepat, aman dan nyaman.

"Ketika para pelaku usaha muda dapat melihat manfaat yang lebih luas dari koperasi zaman 'now', maka diharapkan mereka mau bergabung dengan koperasi berbasis digital ini," kata Arif.

Adapun program penguatan koperasi di Kebumen dalam 3 tahun terakhir ini diantaranya berupa Pelatihan Teknologi Informasi Koperasi bagi pengurus dan pengelola koperasi. 

Juga, Pelatihan Tentang Kompetensi Juru Buku/Kasir bagi 30 juru buku/kasir koperasi dan Pelatihan Kompetensi Dewan Pengawas Syariah (DPS) bagi 30 DPS koperasi serta Pelatihan Kompetensi Manajer/Kepala Cabang Koperasi bagi 60 manajer/kepala koperasi se Kabupaten Kebumen.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI