80 Anggota PPK Purworejo Dikukuhkan

PURWOREJO, KRJPGJA.com – Sebanyak 80 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Purworejo dikukuhkan. Mereka dilantik oleh Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim dan akan mengembang tuga dalam kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

“Para anggota PPK ini akna segera melengkapi diri dengan sekretariat dan membentuk panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan,” kata Dulrokhim di sela-sela kegitan itu di Gedung Ganesha Convension Hall Purworejo, Sabtu (29/2).

Para anggota PPK ini akan bertugas melaksanakan tahapan Pilkada dan berpedoman pada peraturan dan perundangan yang ada. “Sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan, PPK harus memegang teguh prinsip kemandirian, kejujuran, keadilan, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional,
professional, akuntabel, efektif dan efisien,” tandas Dulrokhim.

Disampng itu PPK diminta  utuk terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang, dan kewajiban
sebagai anggota PPK. “Pahami kode etik sebagai penyelenggara pemilu, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksanaan pemilihan
yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil pemilihan,” katanya.

Diakui, tugas PPK sudah di depan mata. Dalam waktu dekat ini PPK membantu KPU melaksanakan tes tertulis terhadap calon anggota PPS, dan melakukan wawancara. “Saya berharap calon anggota PPS benar-benar berkualita dan memahami aturan,” tandasnuya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI