826 Keluarga di Loano terima Bansos Pemprov

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGA.com – Sebanyak 826 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo menerima bantuan sosial (bansos) masyarakat terdampak Covid-19 bersumber dari anggaran Pemprov Jawa Tengah. Ratusan warga dikumpulkan di tiga titik pengambilan untuk menerima bansos berupa sembako senilai Rp 200 ribu perpaket, Sabtu (06/05/2020).

Tiga titik distribusi adalah Balai Desa Loano, Balai Desa Guyangan, dan Balai Desa Banyuasin Kembaran. Setiap titik melayani KPM dari tujuh desa di sekitarnya.

Petugas Kantor Pos Purworejo melakukan verifikasi dan pendataan administrasi untuk memastikan bantuan itu tepat sasaran sesuai data yang disetujui. Bantuan pemprov itu berupa beras premium sepuluh kilogram, minyak kemasan dua liter, telur satu kilogram, kecap, ikan/lauk senilai Rp 20.000, dan mi telur. “Wilayah hanya ketempatan saja dan untuk cegah kerumunan, pihak pos membuatkan jadwal distribusi,” ungkap Camat Loano Laksana Sakti.

Menurutnya, pendataan calon penerima merupakan kewenangan desa dengan berkoordinasi dengan dinas sosial. Namun, pemerintah menggariskan adanya pemerataan, sehingga penerima dikhususkan bagi warga terdampak yang belum terjangkau bantuan pemerintah. “Paling penting tidak boleh dobel terima bantuan dan memenuhi kriteria,” ucapnya.

Sekretaris Desa Loano Erwan Wilodilogo, menambahkan, sebanyak 121 KPM di desanya menerima bansos itu. Mereka adalah keluarga terdampak tapi belum pernah terima bantuan, yang diusulkan para kepala dusun.
Pemdes mengusulkan usulkan kepada pemerintah sebanyak 219 keluarga, tapi mendapat alokasi 121.

Erwan berharap pemerintah juga memperhatikan keluarga terdampak lain yang tidak mendapat alokasi bansos dari provinsi. “Kami berharap mereka juga diperhatikan, sebab bansos rawan menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat,” tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI