85 Cakades Terpilih Dilantik, Tugas Berat Menanti

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 85 calon kepala desa (Cakades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap pertama tahun 2017 Kabupaten Purworejo dilantik. Dari jumlah itu, dua Cakades diantaranya merupakan hasil Pilkades susulan.

“Sesuai jadwal, memang ada 85 desa yang masa jabatan Kadesnya habis dan menggelar Pilkades serentak, namun karena ada dua desa yang Cakadesnya hanya satu, maka pelaksanaan Pilkades ditunda hingga 21 hari jadi jadwal semula,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Purworejo H Genthong Sumharjono Ssos MM usai prosesi pelantikan di pendapa rumah dinas bupati setempat, Senin (11/12).

Dua desa yang menyelenggarakan Pilkades susulan itu di Kecamatan Kaligesing Desa Pandanrejo yang berhasil memilih Supandi sebagai Cakades terpilih, dan Desa Sudorogo yang berhasil memilih Jumono SPd sebagai Kades terpilih. “Dengan susulan Pilkades di dua desa itu, maka Pilkades serentak tahap pertama ini berhasil secara umum,” jelas Genthong Sumharjono.

Para Cakades terlantik ini lanjut Genthong Sumharjono akan memikul beban tugas yang cukup berat. “Bahkan setelah pelantikan ini mereka harus segera koordinasi dengan PJ Kades, untuk menyiapkan SPJ kegiatan dalam APBDes tahun anggaran 2017,” katanya seraya menambahkan, APBDes terakhir diproses paling lambat 20 Desember 2017 ini.

Disamping itu setiap desa diwajibkan untuk mendukung terwujudnya transparansi pengelolaan keuangan desa. “Desa wajib membuat informasi grafis terkait pelaksanaan realisasi kegiatan tahun 2017 dan perencanaan kegiatan dalam APBDes tahun 2018,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI