97 Persen Siswa SMK 6 Purworejo Lulus Uji Kompetensi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 97 persen siswa kelas XII SMK Negeri 6 Purworejo berhasil lolos uji kompetensi bidang editing dan kamerawan tahun 2020. Hasil uji itu menjadi tolok ukur capaian guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Uji kompetensi tersebut diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Penyiaran/Broadcasting bersama Tempat Uji Kompetensi Puspadanta dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Ujian tersebut diikuti 62 siswa jurusan multimedia. “Keberhasilan itu termasuk luar biasa, kami tidak menyangka bisa lolos 97 persen, hanya ada tiga yang dinyatakan belum berhasil,” ungkap Kepala SMK 6 Purworejo Budiyono, kepada KRJOGJA.com, Senin (19/10/2020).

Menurutnya, guru dan siswa memiliki tantangan besar dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Guru dituntut memiliki terobosan dalam menyampaikan ilmu kepada siswa. “Mengajar di situasi pandemi penuh tantangan dan hasilnya harus diuji kompetensi, tetapi ternyata sebagian besar berhasil, itu membuktikan kalau transfer ilmu kepada siswa sesuai harapan,” katanya.

Ujian tahun 2020 itu, lanjutnya, adalah uji kompetensi tingkat tiga yang memiliki kesulitan tinggi. Uji tersebut juga dilaksanakan oleh lembaga yang berkompeten dan kapabel.

Waka Kurikulum SMK 6 Purworejo Pujiana menambahkan, uji kompetensi memiliki arti penting bagi para siswa. Selain menjadi bekal mencari pekerjaan, katanya, uji tersebut juga akan memudahkan lulusan dalam membuka lapangan kerja. “Bahkan sekolah mendorong mereka untuk bisa membuka lapangan kerja baru selepas lulus SMK,” ucapnya.

Pujiana juga berharap hasil tersebut bisa memberi motivasi kepada siswa lain untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka. Selain kompetensi keahlian multimedia, SMK 6 memiliki jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO), dan busana. “Bidang TKRO dan busana juga ada uji kompetensinya, tapi kami masih menunggu informasi lebih lanjut soal pelaksanaannya. Meskipun demikian, siswa sudah siap mengikuti uji itu,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI