Abu Merapi Selimuti Beberapa Desa di Magelang

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Letusan freatik Gunung Merapi kembali terjadi, Rabu (23/05/2018) pukul 03.31 WIB. Pantau dari pos pengamatan Gunung Merapi di Jrakah terlihat kepulan asap setinggi 2.000 meter dan mengarah ke barat daya.

“Diperoleh informasi sekitar 10 – 15 menit kemudian hujan abu vulkanik mulai terjadi di wilayah Kecamatan Dukun, diantaranya di wilayah Desa Ngargotontro, Keningar dan Ngargomulyo dengan kondisi agak deras. Beberapa saat kemudian hujan abu tipis juga turun di wilayah Banyudono, Talun maupun lainnnya,” kata petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Ngepos Srumbung Magelang, Heru kepada KRJOGJA.com.

Kalakhar BPBD Kabupaten Magelang Drs Edy Susanto mengatakan hujan abu mengguyur beberapa desa di wilayah Kecamatan Dukun, diantaranya Desa Keningar, Sumber, Wates, Kalibening, Ngadipura, Ngargomulyo, Desa Dukun maupun lainnya. Di masing-masing desa berbeda keberadaan hujan abunya, ada yang tipis dan ada juga yang agak banyak.

Informasi yang diperoleh Edy Susanto menyebutkan ada diantaranya yang disertai pasir. Sementara sekitar pukul 04.40 WIB hujan abu di beberapa desa sudah mulai reda, termasuk di wilayah Ngargotontro dan Desa Banyubiru. (Tha)

BERITA REKOMENDASI