Abu Vulkanik Gunung Merapi Guyur 30 Desa di Temanggung

Editor: Ary B Prass

TEMANGGUNG,  KRJOGJA.com – Tercatat ada 7 Kecamatan dan 30 Desa / Kelurahan di Kabupaten Temanggung, terpapar hujan Abu Vulkanik Gunung Merapi, Senin (16/8/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto mengatakan langsung terjunkan tim untuk pantau sebaran abu vulkanik di Temanggung.  “Hasil pantauan ada 7 kecamatan dan 30 desa / kelurahan yang terpapar, ” kata dia.

Dia mengatakan abu vulkanik di Temanggung sebagai  dampak dari guguran awan panas Gunung Merapi pada Senin (16/8/2021) sekitar pukul 5.35 WIB. Berdasar pantauan daerah yang terpapar diantaranya Kecamatan Temanggung, Kedu, Pringsurat, Bulu, Tlogomulyo, Kranggan dan Parakan.

Sejauh ini, katanya tidak dampak pada kerusakkan pemukiman, yang terdampak pada tanaman di lahan. “Abu ini tipis mengguyur Temanggung,” tambahnya.

Dia mengatakan di kecamatan Temanggung abu mengguyur di Desa Gilingsari, Mudal, Kelurahan Manding Temanggung II, Temanggung I dan  Sidorejo. Selain itu Desa Joho, Kelurahan Madureso,  Giyanti,  Tlogorejo, Purworejo dan Kelurahan Kowangan.

Di Kecamatan Kedu di Desa Kedu, Karangtejo, Kutoanyar dan Desa Mergowati. Kecamatan Pringsurat di Desa Karangwuni,  Pagergunung, Suropadan, dan Pringsurat. Kecamatan Bulu di Desa Tegalrejo,  Bulu dan Desa Bansari

Di Kecamatan Tlogomulyo yang terpapar di Desa Tanjungsari dan Desa Tlogomulyo. Kecamatan Kranggan di  Desa Nguwet, Kranggan dan Badran. Sementara di Kecamatan Parakan yang diguyur abu vulkanik yakni Kelurahan Parakan Kauman dan Desa Wanutengah.  (Osy) 

 

BERITA REKOMENDASI