Ada Menu Khusus, Sayur Brongkos dan Kupat

MAGELANG, KRJOGJA.com – Beberapa beberapa gunungan kupat dan hasil pertanian mewarnai rangkaian acara Sadranan Brayat Agung Kampung Malangan Kelurahan Tidar Utara Kota Magelang, Minggu (22/4/2018). Sebelumnya, di forum sadranan yang digelar di salah satu ruas jalan Kampung Malangan ini juga diisi ceramah agama oleh Kiai Feletehan dari Kalasan. 

Kirab budaya juga sempat mewarnai rangkaian acara ini, yang diawali dengan penampilan drumband, kesenian Topeng Ayu yang diikuti gunungan ketupat darri warga RW 13, kemudian grup kesenian Butonan dan Warokan yang diikuti gunungan ketupat warga RW 6, kesenian Jathilan yang diikuti gunungan warga RW 5 dan kesenian Kubra Siswa yang diikuti gunungan ketupat warga RW 4. Camat Magelang Selatan  Andri Rudianto SSTP MSi dan Kepala Kelurahan Tidar Utara juga menghadiri acara ini. 

Yang tidak kalah menariknya, pada saat acara sadranan tersebut warga memasak sayur Brongkos dan ketupat yang merupakan menu khusus hari itu. Hal ini dibenarkan salah satu warga, yang juga dibenarkan Ketua Panitia Joko Wahyono, ketika ditemui KRJOGJA.com secara terpisah. Setiap kepala keluarga khusus untuk Hari Minggu (22/4/2018) menu utama masakannya adalah Brongkos Kupat. Setelah mengikuti acara sadranan, warga pulang ke rumah masing-masing dan menikmati masakan dengan menu Brongkos Kupat. 

"Ini memang khusus, dan tidak dapat digantikan," katanya.

Dikatakan Joko Wahyono rangkaian kegiatan sudah dimulai Jumat Bersih berupa kegiatan bersih-bersih makam, pada Jumat (20/4/2018). Kemudian dilanjut kegiatan pada Sabtu (21/4/2018) berupa tahlil, tirakatan dan mempersiapkan gunungan yang berlangsung hingga Minggu dinihari. (Tha)

BERITA REKOMENDASI