Ada Undian Berhadiah, Animo Pembayaran PBB Meningkat

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Animo wajib pajak (WP) berdasarkan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun ini meningkat signifikan. Kepala Bidang Pajak Daerah Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali, Bambang Sutanto mengatakan, berdasar realisasi PBB hingga Mei lalu ada peningkatan animo dalam membayar PBB sebesar 60 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Per Mei 2016 lalu‎, jumlah WP yang sudah membayar PBB sebanyak 169.480 WP dengan nilai sebanyak Rp 8,173 miliar. Sedang hingga Mei tahun ini melonjak menjadi 283.033 WP dengan nilai Rp 13,655 miliar.

Salah satu strategi dalam meningkatkan pembayaran PBB, yakni dengan mengadakan undian berhadiah senilai Rp 350 juta, berupa 19 motor dan satu unit mobil kepada WP yang membayar PBB paling lambat 31 Mei berjalan efektif. Sementara waktu jatuh tempo pembayaran PBB yakni bulan September. Pengundian hadiah motor kepada WP sudah dilakukan di acara buka bersama keliling.

"Selain itu, ada juga intensifikasi di tingkat kecamatan dan desa untuk meningkatkan kepatuhan WP membayar PBB," terangnya.

Meski undian untuk pembayar PBB sudah selesai, strategi peningkatan kepatuhan pembayaran PBB terus dilakukan. Selain sosisialisasi pada WP, petugas penarik WP akan diberi intensif untuk meningkatkan kinerja mereka.

Keberhasilan strategi undian berhadiah untuk meningkatkan pembayaran PBB kali ini, membuat Bupati Boyolali, Seno Samodro, ingin menambah nominal hadian pada tahun depan menjadi Rp 1 miliar, meningkat dari jumlah hadiah tahun ini yang hanya sebesar Rp 350 juta. Menurut bupati, peningkatan tersebut perlu direalisasikan agar animo pembayaran PBB makin meningkat. ‎(R-11)

BERITA REKOMENDASI