Adaptasi KebiasaanBaru, Empat Destinasi Wisata Siap Buka Lagi

MAGELANG,KRJOGJA.com- Empat Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang siap beroperasi kembali di tengah masih merebaknya pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan sudah selesainya pendampingan Self Delcare Pelaku Destinasi Wisata menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) terhadap para pelaku wisata di kabupaten tersebut yang dilakukan Badan Otorita Borobudur (BOB).

Bertempat di Ketep Pass Sawangan Kabupaten Magelang, Selasa (29/9/2020) dilaksanakan deklarasi kesiapan tersebut. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan plakat sebagai tanda Empat Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang tersebut siap beroperasi kembali di tengah masih merebaknya pandemi Covid-19. Pendatanganan dilakukan beberapa pihak, diantaranya Direktur Utama BOB Indah Juanita, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi, Kepala Disporapar Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso dan Direktur Lembaga Sertifikasi Bhakti Mandiri Wisata Indonesia Hairullah Gazali.

Direktur Utama BOB mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia yang siap menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Para pengelola destinasi wisata ini, setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan, mereka siap declare.
Sebelum dilaksanakan deklarasi, sekitar 50 peserta pengelola empat destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang mendapatkan pendampingan dan dilaksanakan dalam waktu berbeda-beda. Seperti 20 peserta pengelola Desa Wisata Kenalan Borobudur yang mendapat pendampingan 14 sampai 20 September, lalu 10 pengelola Desa Wisata Ketep Pass Sawangan (16-28 September), 10 orang pengelola Desa Wisata Banyuroto (16-28 September), 10 orang pengelola Desa Wisata Wulunggunung (16-28 September).

Menurut Indah Juanita, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan self declare Adaptasi Kebiasaan Baru dilakukan berupa implementasi protokol Adaptasi Kebiasaan Baru, penghitungan carrying capacity, alur wisatawan, pemetaan zonasi wisatawan, dan traffic management di destinasi wisata Ketep Pass. “Selain itu, BOB juga telah memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam menunjang implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru kepada pengelola wisata di Kabupaten Magelang,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI