Ajukan Tiga Syarat, PKL Alun-alun Siap Berdamai

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Pendowo Alun-alun Purworejo menyatakan siap berdamai dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo. 

Pedagang membuat konsep perdamaian dengan mengajukan tiga persyaratan kepada pemkab. Syarat konsep perdamaian yang dikehendaki pedagang antara lain tidak ada pungutan sepeserpun terhadap PKL yang akan dipindah ke Taman Kuliner.

Kemudian segala bentuk pembinaan, perlindungan dan pemberdayaan pedagang setelah ditempatkan di lokasi baru menjadi tanggung jawab Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Purworejo, bukan lembaga lain.  PKL juga menuntut jaminan pemkab agar Alun-alun Purworejo bebas dari PKL lain dan segala bentuk aktivitas perdagangan. 

"Termasuk jangan sampai ada pedagang dalam bentuk mobil, karavan dan gerobak di alun-alun," tegas penasehat hukum paguyuban PKL, Tamrin Mahatmanto SH, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Jumat (15/12). 

Konsep tersebut disampaikan penasehat hukum kepada hakim mediator Pengadilan Negeri (PN) Purworejo, dalam sidang mediasi Rabu (13/12). Hakim mediator Antyo Harri SH, lanjutnya, menyambut baik konsep yang diajukan pedagang.

Dalam persidangan, sejumlah puluhan pedagang juga hadir. Mereka, lanjut Tamrin, mengira persidangan tersebut adalah tahap akhir dari upaya perdamaian kedua belah pihak.  
  
Sementara itu dalam persidangan, tergugat Pemkab Purworejo yang diwakili Kabag Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Purworejo Sri Setyowati menyatakan belum bisa memberikan jawaban. Menurutnya, persyaratan itu akan disampaikan kepada Bupati Purworejo. "Kami belum bisa menjawab di sini, akan disampaikan dahulu kepada bupati," ungkapnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI