Akademi TNI Pasang Plang Aset di Pemkot Magelang, Begini Ceritanya

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Puluhan anggota TNI dari Akademi TNI Magelang, mendatangi Pemkot Magelang Jumat (3/7/2020). Kedatangan mereka untuk memasang lima papan pemberitahuan, jika Perkantoran Pemkot Magelang menggunakan tanah Akademi TNI (Dephankam Cq Mako AKABRI), berdasarkan Sertifikat No 9 Tahun 1981 IKN Nomor 2020335014 seluas 40 ribu meter (4 ha).

“Kami hanya menindaklanjuti perintah atasan. Pagi ini (kemarin), kami pasang lima papan pemberitahuan terkait dengan pembebasan aset Mako Akademi TNI yang dipinjam pakai oleh Pemkot Magelang sebagai perkantoran,” kata Komandan Resimen Candra Dimuka Akademi TNI, Kolonel (Pas) Tri Bowo SC, SSos, MM.

Untuk diketahui sebelumnya, Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono SH MH MTr (Han) dalam rapat bersama Sekjen Kemendagri dan Walikota Magelang, Sigit Widyonindito yang dimediasi oleh Bapenas, tanggal 19 Juni 2020 di Kemendagri lalu, menyampaikan jika persoalan pinjam pakai aset ini sangat merugikan pihaknya secara administratif. Pasalnya, selalu menjadi temuan BPK setiap kegiatan pemeriksaan dari BMN.

Di sisi lain, Akademi TNI sangat membutuhkan aset tersebut guna mendukung pelaksanaan pendidikan dasar integratif bagi taruna, mengingat selama ini sarana yang digunakan masih menumpang dan memakai aset Akademi Militer (Akmil). Terkait hal itu, pihaknya memberikan peringatan keras kepada pihak terkait agar bisa menempatkan permasalahan ini pada aturan hukum yang benar demi tertib administrasi, yaitu siapa yang tidak sah memiliki legalitas hukum atas aset tersebut harus legowo mengalah.

Dalam kesempatan itu, Danjen Akademi TNI mengingatkan Walikota Magelang, agar menyingkirkan sedikit sikap ego sektoral agar permasalahan aset ini tidak menjadi permasalahan hukum yang lebih komplek. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI