Akmil Gelar Seminar Dampak Pandemi Terhadap Ketahanan Nasional

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Akademi Militer (Akmil) Magelang menyelenggarakan seminar nasional “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia” di Gedung Lily Rochly Akmil Magelang, Rabu (23/9/2020). Secara daring dari Jakarta, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid berbicara sebagai keynote speaker.

Dalam seminar yang dibuka juga secara virtual oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso SIP SSos MTr(Han) dari Tarakan tersebut juga menampilkan pembicara Guru Besar FEB UGM Prof Mahfud Sholihin MAcc PhD, Dr H Ahmad Wijayanto MA atau Ustad Wijayanto, dr Ika Trisnawati SpP(K) dari RSUP Dr Sardjito serta Deputi IV Bidang Koordinator Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI Mayjen TNI Rudianto.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Dr Hariyadi Sukamdani MM sebagai penanggap utama dalam kegiatan dengan moderator Naiza Rosalia SSos MSi ini. Seminar ini juga diikuti pejabat Distribusi Akmil, Taruna dan Taruni Akmil, Taruna/Taruni AAL, AAU dan Akpol secara daring, serta para perwakilan mahasiswa dari Magelang, Yogyakarta dan Semarang.

Gubernur Akmil di forum ini diantaranya mengatakan berbicara mengenai ketahanan nasional, diawali dengan ketahanan pribadi yang kuat, ketahanan lingkungan keluarga, kelompok, ketahanan wilayah. Kalau semua ini kuat dan efektif dalam menangani Covid-19, ketahanan nasional akan terwujud.

Juga dikatakan Indonesia akan bebas dari pandemi Covid-19, masyarakat sehat, bangkitnya kekuatan ekonomi, bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan yang mampu mewujudkan ketahanan nasional Indonesia maju.
Ketua Komisi I DPR RI diantaranya mengatakan menghadapi situasi pandemi Covid-19, ketahanan nasional mutlak diperlukan Bangsa Indonesia. Pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan dan ketahanan negara harus dipersiapkan sejak dini untuk menghadapi ancaman, baik ancaman militer, ancaman nonmiliter dan atau ancaman nonmiliter yang berwujud wabah penyakit.

BERITA REKOMENDASI