Aktivitas Gunung Merapi Naik, Warga Kembali ke Pungungsian

MAGELANG, KRJOGJA.com – Jumlah warga dari kawasan kaki Gunung Merapi Magelang, khususnya dari kelompok rentan, terus bertambah yang kembali menempati beberapa Tempat Evakuasi Akhir (TEA) yang tersebar di 3 wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang. Peningkatan aktivitas Gunung Merapi, yang terjadi akhir-akhir ini, juga ikut mendorong warga untuk kembali ke beberapa TEA.

Ini seperti yang terlihat Selasa (5/1/2021) petang, ada dua ratus lebih warga dari Dusun Babadan 1 Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang kembali menempati TEA Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Magelang. Pada pertengahan Bulan Desember 2020 lalu mereka kembali ke rumah masing-masing, setelah sejak 6 November 2020 lalu menempati TEA Desa Banyurojo.

Beberapa warga mengatakan beberapa waktu lalu aktivitas Gunung Merapi masih agak jarang terdengar, dan tenggang waktunya juga lama. Namun sejak beberapa hari terakhir ini mereka sering mendengar suara aktivitas merapi, apalagi pada malam hari. Suara tidak beraturan dari kawasan puncak Gunung Merapi sering didengarnya dari rumah mereka yang berjarak sekitar 5 Km dari puncak Gunung Merapi.

BERITA REKOMENDASI